Pages

Rabu, 17 September 2014

SOROAKO



            Soroako,mungkin terdengar asing ditelinga anda,sorako adalah sebuah desa di kecamatan Nuha,Luwu Timur,Sulawesi Selatan,walaupun sebuah desa kecil,soroako terkenal dengan tambang nikelnya selain itu soroako juga terkenal dengan infrastrukturnya yang cukup lengkap,hal ini tak lepas dari perusahaan PT.Vale indonesia .
Selain hasil tambang soroako juga terkenal dengan panoramanya dan keindahan alamnya,seperti sungai,pegunungan,dan danau.Sorako memiliki tiga danau,yaitu Danau  matano,maloha dan towuti,tapi yang paling dikenal dikalangan masyarakat ialah danau matano,kenapa tidak?Danau matano termasuk danau ketiga terdalam di indonesia dan ke delapan di dunia.kedalaman danau matano mencapi kurang lebih 600 meter.
             untuk menyaksikan dinding stalagtit dan stalagnit.


Matano termasuk danau tektonik yang terbentuk sekitar empat juta tahun yang lalu.Danau ini terbentuk dari patahan lempengan di bumi yang kemudian terisi air,dan yang tidak kalah menariknya ialah Gua Air yang terdapat didanau matano,jika air surut anda bisa memasuki gua tersebut.
Keistimewaan lain dari danau matano adalah airnya yang sangat jernih,kita masih dapat melihat sebuah benda di kedalaman 23 meter,lantaran airnya yang jernih serta ombaknya yang tenang.
Selain danau,adapula tempat yang menarik untuk dikunjungi disoroako yakni desa matano,didesa matano terdapat sebuah mata air yang unik.desa ini bisa ditempuh dengan speed boat atau orang-orang soroako biasa menyebutnya “katingting”.


0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar